Kamis, 25 April 2024
  • (0473) 21003
  • dinaspmd02@gmal.com

Dinas PMD menggelar pertemuan dengan kepala desa, pejabat kepala desa dan BPD

Dinas PMD menggelar pertemuan dengan kepala desa, pejabat kepala desa dan BPD kepala dinas pmd membuka resmi rapat koordinasi terkait PPKD

MASAMBA - sekaitan dengan akan dilaksanakannya pemelihan Kepala Desa secara serentak tahun 2018, Dinas PMD melakukan Rapat Koordinasi dengan Kepala Desa, pejabat Kepala Desa, BPD dan Camat.

Pertemuan tersebut dilakukan pada hari Senin, 19 Maret 2018, di Ruang Aula Dinas PMD dan dipimpin langsung oleh kepala Dinas PMD Drs.Misbah Sekaligus membuka Resmi.

Pertemuan tersebut  dilaksanakan dalam rangka persiapan pembentukan panitia pilkades  tingkat Desa (PPKD)

Menurut Kepala Seksi Penataan Desa dan Desa Adat Dinas PMD Syaiful Pardenga, "bahwa Pilkades 2018 akan digelar sesuai rencana   pada tanggal 26 juli dengan jumlah 41 Desa secara serentak diLuwu Utara, dan pilkades   kali ini akan dilakukan sistem E-voting pada 3 (tiga) Desa, yakni Desa Salama, Toradda, dan Desa Banyuwangi." hal ini dilakukan sebagai uji coba pada tiga desa tersebut, ujar  syaiful.

Pilkades tahun ini terdapat perbedaan antara pilkades tahun 2016 dengan pilkades tahun 2018, dimana syarat   calon kepala desa terkait masalah domisili  minimal 1(satu) tahun sudah tidak berlaku lagi, pasca putusan   mahkamah  konstitusi terkait UU Desa  nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. terang syaiful.

diselah-selah pertemuan kepala Dinas PMD, Drs. Misbah, mengungkapkan " bahwa 13 juli sudah    pemuktahiran  data validasi penduduk untuk ditetapkannya sebagai data wajib pilih oleh PPKD. lanjut Misbah  syarat usia termuda untuk calon Kepala Desa minimal 20 tahun, usia  maksiamal sampai pada tahun ini belum ada penatapan, akan tetapi setiap calon wajib mengikuti berbagai pemeriksaan kesehatan, termasuk pemeriksaan bebas dari narkotika, dan setiap kepala Desa paham tentang Dunia teknologi yang sekarang, kususnya komputer/laptop".

Syaiful juga menambahkan baru 8 Desa yang memasukkan panitia tingkat Desa tersebut, dan saya berharap agar secepat mungkin untuk menyetor berkas tersebut. *FT:wahid